Artikel Terbaru

Kelompok Tani Organik Berkah Alam: Bertani Organik, Bangun Persaudaraan

Kelompok Tani Organik Berkah Alam: Bertani Organik, Bangun Persaudaraan
1 (20%) 1 vote

“Jujur saja, kami ini hanyalah kumpulan petani desa yang mempunyai mimpi dan semangat. Yang utama dan pertama, pertanian ini bertujuan untuk sarana pewartaan, yakni membangun kembali sawah yang ramah lingkungan. Jika hasilnya ada, itu sebagai berkah Tuhan pada karya kami,” sambung Rudi.

Sekarang, penjualan hasil panen kelompok ini masih di seputar daerah yang bisa dijangkau saja. Meskipun, sudah ada tawaran agar kelompok tani juga mau meluaskan pemasaran hasil panenan mereka ke kota Yogyakarta. Belum lama sebuah media massa di kota Yogyakarta minta agar Kelompok Tani Organik Berkah Alam ikut pameran di kota. Juga, sebuah paroki di Kota Yogyakarta mengundang kelompok tani ini untuk memasarkan hasil panen di parokinya. Tapi, mereka belum juga menurut ajakan tersebut karena transportasi masih jadi kendala utama.

“Selama ini kami berjualan menggunakan sepeda motor. Kalau ke kota, ya repot karena sayuran bisa rusak kalau pakai sepeda motor. Lebih bagus kalau pakai mobil sehingga bisa bawa dalam jumlah yang lebih banyak dan sayurnya tidak rusak. Tapi kami harus bersabar. Mudah-mudahan kami bisa dapat solusi,” kata Kardi.

Baru-baru ini, Kelompok Tani Organik Berkah Alam dapat bantuan dari Seksi PSE Kevikepan Yogyakarta, Keuskupan Agung Semarang. “Dana itu untuk pengadaan bibit dan pembuatan gubuk tempat kami untuk diskusi dan istirahat. Sekalipun kecil dan sederhana, tapi kami sungguh nyaman di sini, sambil menikmati tanaman sayur kreasi kami,” ujar Kardi.

Hasil panenan yang melimpah merupakan buah yang lahir dari pohon persaudaraan yang tumbuh di hati masing-masing anggota Kelompok Tani Organik Berkah Alam. Kelompok ini bahkah menuntut sikap ramah bukan hanya terhadap sesama, tetapi juga terhadap alam lewat pertanian organik.

Simon Sudarman

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 45 Tanggal 6 November 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*