Artikel Terbaru

Pengalaman dan Harapan Mantan Anggota

Pengalaman dan Harapan Mantan Anggota
1 (20%) 1 vote

Seperti para pelajar Indonesia lain yang baru pertama menginjak kota Roma, ia pun mengalami kesulitan bahasa. Baginya, tahun-tahun pertama kuliah adalah tahun-tahun yang sulit. Di Universitas Urbaniana, para pelajar diwajibkan berbahasa Italia. Romo Kamilus ikut kursus bahasa selama tiga bulan (Juni- September). Pada bulan Oktober harus sudah mulai kuliah. “Masuk semester dua, saya sudah sedikit me mahami bahasa Italia dan sudah bisa berkomunikasi,” kisahnya.

Kesulitan lain adalah soal makanan. Ia tidak biasa makan makanan yang mentah atau salad serta roti tak beragi. “Tapi justru makan roti yang keras itu bisa menjaga orang untuk tidak lapar,” katanya.

Untuk mengobati kerinduan akan makanan Indonesia setiap Jumat para penghuni asrama Saint Pietro dan Paulo bertemu untuk main bulu tangkis. Setelah itu mereka memasak makanan Indonesia. Bahan masakan mereka beli di pasar Asia di Roma. “Di tempat-tempat itu dijual barang-barang Asia baik bumbu-bumbu. Penjaganya orang Filipina, India, dan orang Thailand.”

Ia berharap sebagai komunitas intelektual, anggota IRRIKA minimal selama studi bisa membuat analisis tentang Gereja Katolik Indonesia dibandingkan gereja di Eropa. “Juga menganalisis apakah Gereja Indonesia saat ini sudah sesuai dengan harapan Vatikan,” tambahnya.

Kebutuhan akan persaudaraan
Romo Antonius Steven Lalu bergabung dengan IRRIKA sejak September 2012 sampai Juni 2015. Sepanjang waktu studi di Fakultas Ilmu Komunikasi Gereja Univer sitas Salib Suci, Roma, Romo Steven tertarik bergabung ke IRRIKA karena sebuah kebutuhan akan persaudaraan dan kebersamaan dengan rekan-rekan setanah air. “Aktivitas IRRIKA sebagian besar dalam rangka memupuk kebersamaan dan pengenalan satu sama lain,” tuturnya.

Pada tahun kedua masa studinya, Romo Steven dipercaya menjadi Sekretaris pengurus IRRIKA. Ia merasa IRRIKA menjadi organisasi yang memberi kesempatan bagi pengurus dan anggotanya untuk saling bekerja bersama-sama.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*