Artikel Terbaru

Menabur Benih Panggilan di Metropolitan

Menabur Benih Panggilan di Metropolitan
1 (20%) 1 vote

Perhatian dan kepedulian Paroki Rawamangun terhadap panggilan khusus amat besar. Terbukti, paroki ini menempatkan secara khusus seorang romo moderator panggilan. Kini tugas itu diemban Romo Thomas Budi Riyanto MSF. Ia diutus mendampingi, mengarahkan, serta menganimasi program-program Seksi Panggilan agar berjalan maksimal. Ia mengatakan bahwa peran imam dalam memotivasi anak-anak agar terpanggil sangat besar. “Jika seorang romo bisa menjadi idola bagi anak anak, pasti ada anak yang tertarik menjadi romo. Karena anak-anak butuh teladan yang bisa menjadi idola,” ujarnya.

Butuh dukungan
Paroki-paroki di Dekanat Bekasi, Keuskupan Agung Jakarta juga menjadi lahan yang subur bagi panggilan. Pada tahun ini, Dekanat Bekasi menyumbangkan 28 anak yang kini belajar di Seminari Menengah Wacana Bhakti Pejaten, dari total 65 seminaris.

Koordinator Seksi Panggilan Dekanat Bekasi Fransiskus Dono Prihadi mengamini hal itu. Aksi panggilan di paroki-paroki di wilayah Dekanat Bekasi memang marak diadakan. Bersama dengan Seksi Panggilan paroki-paroki, Dono secara rutin mengadakan Natal bersama dengan para imam yang berasal dari Dekanat Bekasi.

Anak-anak dan orang muda juga kerap diajak tinggal bersama di seminari. “Kegiatan ini berguna untuk mengenalkan kehidupan para seminaris, romo, suster, atau bruder, sehingga anak-anak atau orang muda bisa mengalami secara langsung sukacita kehidupan panggilan selibat,” ujar Dono yang ditemui Kamis, 4/2. Acara live in di seminari ini diadakan rutin satu tahun sekali.

Dono yang telah bergelut dalam Seksi Panggilan selama sembilan tahun berkata bahwa peran romo paroki sangat penting dalam menumbuhkan panggilan di paroki-paroki. Romo paroki, lanjut Dono, juga mesti memperhatikan para seminaris yang berasal dari parokinya. “Tidak perlu yang susah-susah. Cukup dengan sapaan kepada para seminaris. Itu sudah memberikan semangat panggilan tetap terjaga,” ujar Dono.

Menurut Dono, Dewan Paroki juga memainkan peran yang penting dalam mengembangkan panggilan di paroki. “Coba saja bayangkan jika Dewan Paroki tidak ikut memperhatikan para calon seminaris. Mereka itu membutuhkan dukungan dari banyak pihak; keluarga, romo paroki, Dewan Paroki, serta seluruh umat di paroki.”

Y. Prayogo
Laporan: Stefanus P. Elu/Christophorus Marimin

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 7 Tanggal 14 Februari 2016

 

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*