Artikel Terbaru

Bernadetta Widiandajani: Amanah Sekretaris Signis Asia

Bernadetta Widiandajani: Amanah Sekretaris Signis Asia
1 (20%) 1 vote

Menjadi Sekretaris Signis Indonesia, kata Widi, merupakan amanah sekaligus tanggung jawab yang harus dijalankan dengan hati. Secara umum, lanjutnya, media komunikasi berperan besar membebaskan banyak orang dari segala bentuk kejahatan.

Dalam rangka karya pastoral di bidang komunikasi ada dua pendekatan yang selalu dipakai Signis, yaitu pendekatan deduktif, dari kesimpulan ke penguraian, serta pendekatan induktif, dari penguraian ke kesimpulan. “Karya yang kami lakukan menggunakan pendekatan induktif sebagai refleksi pastoral terhadap karya yang kami lakukan bersama masyarakat di desa-desa.”

Menurut Widi, media komunikasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam seluruh program pemberdayaan masyarakat. Melalui publikasi media, sesuatu yang baik yang dikerjakan atau dinamika positif dalam masyarakat dapat menjadi pembelajaran antarwilayah menuju perubahan perilaku dan peningkatan kehidupan masyarakat.

Menyitir visi Signis, Widi mengatakan, komunikasi merupakan wadah kebersamaan, yang mengharuskan kehendak baik dari setiap orang dalam relasi yang sederajat dengan yang lain. Komunikasi sosial mengarah pada pemuliaan harkat setiap manusia dan membangun solidaritas yang harmonis.

Semakin Menuntut
Pada awal 2014, saat Signis World Congres di Roma, Widi terpilih sebagai Sekretaris Signis Asia (2014-2017). Kepercayaan Signis kepada Widi semakin bertambah. Juni 2014, dalam Signis Board of Director Meeting di Brussel, Belgia, ia ditunjuk menjadi Signis Radio Desk Chair. “Signis memiliki lima desk, yaitu radio, televisi, cinema, media education, dan journalism. Saya bidang radio,” imbuhnya.

Rentetan tugas itu tak membuat semangat ibu dua anak ini surut. Malah ia semakin menuntut diri untuk semakin bertanggung jawab dan berdedikasi dengan total. “Ini adalah amanah yang harus dijalani,” tukas Widi.

Di Signis, kata Widi, ada banyak orang luar biasa sehingga mudah untuk bekerja sama. Sebagai Sekretaris Signis Asia, Widi senantiasa menjaga komunikasi yang baik dengan anggota Signis Asia dan dunia. Ia juga mesti mengikuti beberapa pertemuan tingkat Asia, mulai dari Asia Screening Committee Meeting, Signis Asia Board Meeting, hingga Signis Asia Assembly.

Widi bersama Presiden Signis Asia merupakan Board of Director (BOD) Signis World. Karena itu, Widi juga harus menghadiri pertemuan Signis BOD sekali dalam setahun. “Sebagai Signis Radio Desk Chair, beberapa bulan silam saya menyelenggarakan radio workshop tingkat Asia di Yogyakarta,” ujar Widi.

Widi (paling kanan) bersama para narasumber Asian Communication Network (ACN) Workshop. [NN/Dok.Pribadi]
Widi (paling kanan) bersama para narasumber Asian Communication Network (ACN) Workshop.
[NN/Dok.Pribadi]

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*