Artikel Terbaru

Veronica Anys Dewanti: Sampai Tuhan Menghentikan

Veronica Anys Dewanti: Sampai Tuhan Menghentikan
1 (20%) 1 vote

Selang beberapa menit, Anis mendengar ketukan di pintu toilet. Begitu ia buka, ternyata guru tunarungu. Ia mempersilakan Anis masuk ke dalam kelas. Anis enggan, ia tak mau lagi berada bersama anak-anak. Sebab kata Anis, latihan selama ini sia-sia, anak-anak tak bisa menikmati jerih payah mereka. “Saya nggak mau menyiksa mereka lebih lama lagi,” akunya.

Guru yang di hadapannya tak menjawab. Ia hanya membimbing Anis kembali ke dalam kelas. Di hadapan anak-anak, guru itu bertanya kepada para murid dengan bahasa isyarat, “Apa kalian senang?” katanya dengan menggerakan tangan. Sontak seluruh kelas menjawab pertanyaan itu dengan tepuk tangan dan mengacungkan jempol. Seketika itu juga air mata Anis tumpah.

Tak Berhenti
Karya Anis tak selalu berjalan mulus. Semula suami keberatan ia kerap melatih di luar. Apalagi alih-alih mendapat tambahan pendapatan, ia justru menambah pengeluaran rumah tangga. Situasi kian pelik saat sang suami menanggalkan pekerjaan yang lama digeluti. Guru di Sekolah Don Bosco 2 Jakarta Timur ini kerap absen melatih karena tak punya biaya transportasi.

Syukur tantangan itu berhasil ia lewati. Ada sejumlah donatur yang meringankan beban transportasi. Mereka hanya berharap, ia terus melayani anak-anak. Sang suami, setelah mengetahui karya istrinya, mengikhlaskan dan mendukung sampai kini. Sekitar seribu orang sempat berlatih angklung dan ratusan orang yang belajar kolintang dari Anis selama dua dasawarsa.

Kini, selain di Panti Asuhan Vincentius Putra, Anis sesekali melatih anak-anak di Panti Asuhan Abimata Bintaro dan Program Ayo Sekolah dan Ayo Kuliah di sejumlah paroki di KAJ. Suka-duka ia lewati bersama anak-anak. Anis takkan berhenti membagi kemampuan, sampai Tuhan sendirilah yang menyudahi semua yang telah Dia mulai.

Yanuari Marwanto

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 48 Tanggal 27 November 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*