Artikel Terbaru

PSM Universitas Parahyangan: Semangat Muda, Semangat Juara

PSM Universitas Parahyangan: Semangat Muda, Semangat Juara
1 (20%) 1 vote

Pada tahun 2000, PSM Unpar mengikuti Olimpiade Paduan Suara Pertama di Linz, Austria. Tiga medali emas mereka bawa pulang ke bumi Pasundan. Setelah itu satu-persatu prestasi kelas dunia mampu diraih PSM Unpar dalam festival dan kejuaraan paduan suara di berbagai negara. Prestasi yang tentu saja ikut mengharumkan nama Indonesia.

Pada tahun 2014, PSM Unpar mengukuhkan sekali lagi posisinya sebagai salah satu paduan suara terbaik dengan meraih 1st Prize in ‘Mixed Choir’ Category dalam The 51st Internationaler Chorwettbewerb di Spittal an der Drau, Austria. Di ajang yang sama, mereka Berhasil memperoleh penghargaan tertinggi Ferdinand Gross mann Award ‘Best Interpretation’ atas laguGloria Patri karya Budi Susanto Yohanes.

Rangkaian prestasi itu tidak terlepas dari tangan dingin para konduktor yang melatih PSM Unpar dari masa ke masa. Salah satunya Avip Priatna, yang mengasuh PSM Unpar selama rentang 2000-2008. Setelahnya, Paulus H. Yoedianto mengambil alih tugas ini. Tahun 2013 sampai saat ini, mereka diasuh oleh Ivan Yohan.

Di Balik Layar
Chrisella mengisahkan, tidak ada rahasia untuk mencapai prestasi. Latihan rutin dan komitmen untuk memberikan yang terbaik adalah jawaban atas setiap pertanyaan soal kesuksesan PSM Unpar. “Dengan rajin berlatih, kualitas bernyanyi akan meningkat dan kekeluargaan dengan anggota lain menjadikan kami semakin kompak sehingga dapat memberikan penampilan terbaik di setiap kesempatan, baik konser maupun kompetisi internasional,” tuturnya.

Rangga Dharmadi, anggota PSM Unpar lainnya bercerita, mereka mengadakan latihan untuk persiapan konser, job, dan pelayanan di gereja. Latihan persiapan konser dilakukan selama kurang lebih dua bulan. Jadwal rutin latihan pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat. “Jika sudah mendekati hari konser, latihan diadakan setiap hari,” ujar mahasiswa Teknik Industri Unpar ini. Rangga menambahkan PSM Unpar tidak memiliki ruang khusus sebagai tempat latihan. Mereka biasanya meminjam lobi rektorat Unpar dan Operation Room Unpar untuk berlatih.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*