Artikel Terbaru

Kilas Balik 2016

Kilas Balik 2016
3 (60%) 2 votes

Bagaimana perhatian kepada umat berkebutuhan khusus?

Perhatian untuk umat berkebutuhan khusus adalah wujud keyakinan kita bahwa “kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga” (Gaudium et Spes art.1). Secara konkret dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional, saya menulis Surat Gembala untuk mengajak umat mengembangkan belarasa, terutama bagi saudara-saudari kita yang berkebutuhan khusus.

Mengapa KWI membuat seruan anti korupsi?

Gejala korupsi di negeri kita semakin mengerikan. Tindakan korupsi semakin sistemik, terstruktur, dinamis, meluas, sangat merugikan kebaikan bersama, dan merendahkan martabat manusia. Dalam amanatnya, Paus Fransiskus berbicara sangat keras terhadap orang-orang yang terlibat dalam tindakan korupsi dan perilaku koruptif. Lebih baik mereka ini diikat dengan batu pemberat dan ditenggelamkan ke laut. Karena itu, KWI merasa wajib ikut terlibat dalam gerakan anti korupsi.

Apa tanggapan Bapa Uskup terhadap situasi politik jelang Pilkada nanti?

Tanpa harus menjadi analis politik, mata kita dapat melihat bahwa bagi sebagian besar orang, pemilihan kepala daerah adalah sekadar perebutan kekuasaan demi kekuasaan. Tidak begitu saja dapat kita rasakan bahwa kekuasaan -yang memang mesti direbut- seharusnya direbut agar pemegang kekuasaan dapat sepenuh hati dan sekuat tenaga berjuang untuk mewujudkan kebaikan bersama. Politik uang marak, berbagai macam sentimen mewarnai proses Pilkada. KWI mengajak umat Katolik untuk ikut terlibat dalam Pilkada ini agar Pilkada menjadi semakin bermartabat.

Marchella A. Vieba

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 51 Tanggal 18 Desember 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*