Artikel Terbaru

Karya Sosial Atmabrata: Rumah Cinta bagi Semua

Karya Sosial Atmabrata: Rumah Cinta bagi Semua
3 (60%) 4 votes

Sementara untuk pelayanan warga lanjut usia (lansia) Atmabrata punya mekanisme khusus. Saat ini, Atmabrata mempunya rumah lansia dengan daya tampung 24 orang. Tempat ini sudah dihuni 14 lansia. Rumah lansia ini khusus diperuntukkan bagi mereka yang tidak mempunyai sanak saudara atau mereka yang “dibuang” oleh keluarganya. Kebanyakan di antara mereka datang dari keluarga miskin.

Atmabrata juga melayani para lansia yang tinggal di tengah keluarga tapi tergolong masyarakat tidak mampu. Ada 88 lansia yang dilayani. Dalam sepekan, Atmabrata tiga kali mengirimkan makanan untuk makan siang para lansia. Tiap dua Minggu sekali para lansia ini dikumpulkan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Setelah cek kesehatan, para lansia pulang membawa bekal berupa sembako sebagai “hadiah”. Kata Br Petrus, “Para lansia yang datang tidak hanya mendapatkan pelayanan kesehatan tetapi juga mendapatkan cinta kasih dalam bentuk sembako.”

Atmabtara juga masih menjalankan empat karya lain. Pertama, Rumah Pangan Sembako. Karya ini fokus pada pengadaan sembako murah bagi warga miskin, anggota koperasi, dan bantuan bagi orangtua dari murid-murid yang mereka didik. Kedua, Rumah Sandang. Pelayanan ini meliputi penjualan baju yang masih layak pakai dengan harga yang sangat murah. Ketiga, Rumah Koperasi Simpan Pinjam. Koperasi ini membantu warga yang kurang mampu dengan memberikan pinjaman modal senilai Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 sebagai modal awal untuk membuka usaha. Keempat, pengelolaan bekas kemasan yang terbuat dari plastik. Bagian ini dioperasikan dengan menggerakkan warga sekitar Atmabrata, terlebih para ibu rumah tangga yang tak bekerja, untuk membuat karya tangan berupa tas belanjaan, kotak tisu, dan lain-lain.

Br Petrus berharap, semoga melalui Atmabrata kehadiran Gereja tidak saja dirasakan umat Katolik, tapi juga dinikmati semua umat Allah, apapun agamanya. “Dengan keterbukaan, kejujuran, tanggung jawab, dan relasi yang baik, kami mampu berbuat lebih banyak lagi bagi mereka yang memerlukan bantuan,” imbuh Br Petrus.

Christophorus Marimin

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 2 Tanggal 8 Januari 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*