Artikel Terbaru

Yosepha Nadia Nicole Meinar Savitri: Katekismus di Tangan Kaum Muda

Yosepha Nadia Nicole Meinar Savitri: Katekismus di Tangan Kaum Muda
1 (20%) 1 vote

YOUCAT adalah buku Katekismus Gereja Katolik untuk kaum muda yang diterjemahkan dengan bahasa anak muda dan dibuat bersama dengan anak muda. “YOUCAT dapat membantu OMK (Orang Muda Katolik–Red) mengenal dan memahami ajaran Gereja.”

Merintis YOUCAT
Suatu sore, Januari 2015, Gerard Martin, pendiri Indonesian Pilgrim, menelepon Nadia perihal program Youth Development Project (Youdepro) yang diselenggarakan YOUCAT Foundation di Jerman. “Ikutlah seleksi program ini,” ujar Nadia meniru ajakan Gerard. Nadia merespon ajakan itu dengan meminta restu ibunya. Sang ibu yang juga aktif dalam kegiatan Gereja mendukung keinginan Nadia.

Usai lolos dua tahap wawancara, kelahiran Malang, Jawa Timur, 1 Mei 1989 ini terbang ke Jerman. Pada 15 Mei–12 Agustus 2015, Nadia dan peserta dari seluruh dunia ditempa dengan pembinaan dan pelatihan. Di hadapan YOUCAT Foundation, Nadia mempresentasikan konsep YOUCAT yang akan ia rintis di Indonesia. “Itu tidak mudah. Namun puji Tuhan, semua berjalan lancar. Bahkan konsep itu sangat di-support oleh pihak YOUCAT Foundation.”

Sepulang dari Jerman, bungsu dari tiga bersaudara ini segera membentuk YOUCAT Centre Indonesia (YCI) di Surabaya, bersama Ketua Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Romo Antonius Haryanto dan beberapa anak muda. Nadia pun menjadi Direktur Eksekutif YCI. Pada 9 September 2015, Pesta Kelahiran St Perawan Maria, Nadia dan tim YCI mempresentasikan konsep YCI kepada Uskup Surabaya, Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono. “Mgr Sutikno sangat mendukung dan menunjuk Romo Agustinus Tri Budi Utomo sebagai moderator.”

Restu Uskup membakar semangat Nadia. Ia bersama tim YCI menggaungkan YOUCAT melalui media sosial hingga presentasi ke paroki-paroki dan sekolah-sekolah. YCI juga ha dir dalam acara-acara besar OMK, misal Indonesian Youth Day (IYD) di Manado, Oktober 2016 dan rencananya dalam Asian Youth Day (AYD), 30 Juli–9 Agustus 2017 mendatang.

Visi YCI adalah menambahkan kecintaan anak muda tehadap ajaran Gereja dengan misi membuat silabus pengajaran dan pelatihan training of trainers Katekismus. Nadia dan tim YCI terus menyempurnakan silabus pengajaran YOUCAT. “Ada banyak hal yang di rintis, termasuk menambah kekuatan tim agar mantap melangkah bersama, demi OMK Indonesia.”

YOUCAT, lanjut Nadia, belum hadir di semua keuskupan. YCI membuka diri agar para penggiat Katekismus OMK dari setiap keuskupan memulai membawa YOUCAT ke setiap pelosok.

Yosepha Nadia Nicole Meinar Savitri. [NN/Dok.Pribadi]
Yosepha Nadia Nicole Meinar Savitri.
[NN/Dok.Pribadi]

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*