Artikel Terbaru

Komunitas Florentina: Cahaya Kesehatan dari Kota Dawet

Komunitas Florentina: Cahaya Kesehatan dari Kota Dawet
1 (20%) 1 vote

Mengamini Suhartono, Theresia Murti Hapsari menambahkan, Florentina merupakan tempat di mana para anggotanya semakin berkembang dan saling meneguhkan, juga memperkuat semangat kasih dalam melayani. Mereka tetap menjalankan pekerjaan dengan profesional dan menjalin hubungan yang baik dengan semua karyawan. “Kami tidak bermaksud membentuk kelompok eksklusif yang terpisah dari karyawan lain,” ujar Theresia yang juga Ketua II Komunitas Florentina saat ini.

Sebagai wadah menimba inspirasi dan meneguhkan motivasi, kegiatan Florentina lebih banyak bersifat ke dalam. Setiap bulan, kelompok ini mengadakan pertemuan yang diisi sharing dan ibadat sesuai Kalender Liturgi Gereja. Misalnya diadakan Doa Rosario di bulan Oktober dan Pendalaman Kitab Suci pada bulan September. Dalam pertemuan bulanan, mereka juga membahas rencana kegiatan komunitas.

Sebagai bagian dari umat Stasi St Theresia Klampok, Florentina terlibat dalam kegiatan liturgi gereja. Secara turun-temurun pastor paroki St Antonius Banjarnegara secara otomatis menjadi pendamping Florentina. Keterlibatan mereka mulai dari aktif sebagai anggota kor hingga menjadi petugas liturgi.

Komunitas juga memberikan pendampingan kepada anggota yang sedang mengalami permasalahan. Pendampingan itu bisa dalam bentuk dukungan doa ataupun pendampingan khusus misal melalui dialog dan peneguhan. “Pendampingan khusus biasa dilakukan oleh anggota yang cukup dekat dengan orang yang bermasalah tersebut,” jelas Sekretaris Florentina, Lucia Vera.

Dr. Denny Susiani, salah satu anggota, menceritakan bahwa Florentina dapat menjadi tempat berteduh ketika masalah menghampiri. Menurutnya, komunitas menjadi seperti “rumah keluarga” di mana kedamaian dan kebaikan bisa ditemukan. “Suasana kekeluargaan dalam Florentina memberikan kesegaran dan penghiburan dalam diri saya sekaligus meneguhkan iman saya,” ungkapnya.

Peduli Sosial
Suasana kekeluargaan tidak hadir begitu saja, tetapi dibentuk melalui kegiatan bersama. Sekali setahun Florentina mengadakan kegiatan di luar rumah sakit, seperti kegiatan ziarah dan kunjungan kepada keluarga.

Misal pada awal 2015, Kelompok Florentina mengadakan family gathering ke tempat wisata Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah. Setiap anggota membawa keluarga masing-masing. Di puncak Dieng mereka berekreasi dan menggelar ibadat Perayaan Natal dan Tahun Baru. Selain itu mereka juga mengadakan rekoleksi.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*