Artikel Terbaru

Tradisi Natal dari Negeri ke Negeri

Tradisi Natal dari Negeri ke Negeri
1 (20%) 1 vote

Di Meksiko, umat kristiani juga memiliki tradisi pada Hari Raya Epifani, 6 Januari. Tradisi ini disebut El Dia de los Reyes. Pada hari ini, anak-anak meninggalkan sepatu mereka di depan pintu supaya diisi hadiah oleh orang-orang Majus (tiga raja). Tradisi ini dikenal di daerah Meksiko Selatan. Sementara di daerah Meksiko yang lain, anak-anak berharap mendapat hadiah Natal dari Santa Claus pada 24 Desember.

Umat kristiani di Meksiko juga mengenal hari penting lain pada 2 Februari yang disebut Candelaria atau Candlemas. Hari ini menandai akhir dari perayaan Natal.

Beragam Tradisi
Di Filipina, sembilan puluh persen penduduknya beragama kristiani dan delapan puluh persen di antaranya beragama Katolik. Dimulai tanggal 16 dan berakhir pada 24 Desember, umat Katolik Filipina mengadakan novena sembilan hari, Misa sembilan hari hingga Natal. Tradisi ini disebut Simbang Gabi, yang berarti “Pujian Malam”. Ini sama dengan tradisi orang Spanyol yang disebut Misa de Gallo atau “Misa Ayam Jantan.”

Sekitar jam 3 atau 03.30 pagi, sebelum ayam jantan berkokok, lonceng di Gereja-gereja Katolik Filipina berdentang. Pada jam empat pagi, umat Katolik Filipina pergi ke gereja untuk mengikutiSimbang Gabi. Usai Misa, mereka sarapan bersama.

Di Filipina, umat kristiani juga mengenal tradisi Parol, seperti Piñata di Meksiko. Orang Filipina juga memiliki tradisi untuk mengenang Maria dan Yosef yang mencari tempat untuk tinggal, yang disebut tradisi Panunuluyan. Tradisi ini mirip dengan tradisi Posada di Meksiko.

Di Spanyol, selain Misa Ayam Jantan, umat kristiani juga memiliki kebiasaan untuk berjalan-jalan usai mengikuti Misa malam Natal. Warga Spanyol berjalan di jalan-jalan dengan membawa obor sambil bermain gitar dan memukul rebana atau drum. Mereka akan berjaga sepanjang malam tanpa tidur.

Umat kristiani di Swedia pun memiliki tradisi Natal unik. Mereka membuat boneka kambing yang disebut Yule, atau disebut Julbock. Boneka ini dibuat dari jerami. Kambing jerami menjadi dekorasi Natal di Swedia, baik untuk hiasan pohon Natal atau untuk gua Natal. Figur Maria, Yosef, gembala dan bayi Yesus terkadang juga dibuat dari jerami. Kambing jerami di Swedia menggambarkan “Bapa Natal” yang naik kambing mengantar hadiah pada malam Natal.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*