Artikel Terbaru

St Raymundus Nonnatus OdeM (1204–1240): Gembok di Bibir Sang Pembebas

St Raymundus Nonnatus OdeM (1204–1240): Gembok di Bibir Sang Pembebas
1 (20%) 1 vote

Udara Bebas
Pastor Raymundus akhirnya bisa menghirup udara bebas, setelah para pencoleng menerima tebusan dari koleganya. Hampir delapan tahun ia mendekam dalam penjara. Berbagai siksa tubuh dan psikis telah banyak ia alami. Kabar keberanian Pastor Raymundus membebaskan para tahanan Kristen serta mewartakan Kabar Gembira di wilayah kaum Mor, terdengar sampai ke Roma.

Paus Gregorius IX terharu mendengar kisahnya. Sebagai apresiasi kepada Pastor Raymundus, Paus menunjuknya menjadi Kardinal. Ia juga mengundang Pastor Raymundus ke Roma. Sayang, dalam perjalanan menuju Kota Abadi, gering mendera Pastor Raymundus. Langkahnya terhenti di Cardona, sekitar 90 kilometer dari Barcelona. Sang pembebas sandera itu meninggal dunia pada 31 Agustus 1240. Jenazahnya dimakamkan di Pertapaan St Nikolaus.

Keberanian Kardinal Raymundus mewartakan Kabar Gembira serta membebaskan tahanan Kristen, mendorong Paus Urbanus VIII membeatifikasinya pada 1627. Pada 1657, Paus Alexander VII menggelarinya kudus. Teladan rohani serta keutamaan hidup pelindung para ibu hamil dan melahirkan, serta profesi yang menuntut kerahasiaan dikenang tiap 31 Agustus.

Yanuari Marwanto

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 9 Tanggal 26 Februari 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*