Artikel Terbaru

Kombes Pol Antonius Kadarmanta: Guru Agama Pemberantas Narkoba

Kombes Pol Antonius Kadarmanta: Guru Agama Pemberantas Narkoba
1 (20%) 1 vote

Setelah lulus Sekolah Perwira Polri, Anton ditugaskan di Dinas Pembinaan Mental Polri. Ia menjadi perwira seksi rohani Katolik. Saat jajak pendapat di Timor Leste tahun 1999 Anton bertugas sebagai liaison officer.

Pada 2000 sampai 2008, Anton bertugas sebagai pengajar di Sekolah Lanjutan Perwira Polri. Ia pernah menjabat sebagai kepala bagian operasional pengajaran dan pelatihan serta kepala bagian evaluasi dan validasi. Selain itu, Anton juga menjadi pelatih Human Right and Community Policing dan pembina rohani bagi perwira siswa yang beragama Katolik.

Anton mengawali karirnya di Badan Narkotika Nasional (BNN) sejak tahun 2009. Kala itu Anton ditugaskan menjadi pengajar di Badan Pendidikan dan Latihan BNN. Menjadi penegak hukum dan pengajar, tak menghilangkan kegemaran Anton menulis. Selama 2006 hingga 2011, Anton telah menulis 11 judul buku, di antaranya: Pendidikan Polisi Berbasis Kompetensi, Perpolisian Masyarakat dalam Trust Bui lding, dan Mencegah Narkoba di Sekolah.

Tak berhenti sampai di situ. Empat tahun berselang, Anton diberi kepercayaan memimpin BNN Provinsi Papua. Tugas itu ia jalani selama tiga tahun. Maret 2015, ia ditugaskan ke BNN Provinsi Kali mantan Tengah. BNN Provinsi ber peran sebagai pelaksana tugas dan we wenang BNN pusat di wilayah provinsi. Tugas itu mencakup pencegahan serta pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Berantas narkoba
Suatu ketika ada seorang ibu muda yang kecanduan narkoba jenis shabu. Ibu ini ingin direhabilitasi agar pulih, namun ia takut kepada suaminya yang setiap hari menyuplai shabu. Selidik punya selidik, ternyata sang suami adalah anggota aparat penegak hukum. “Saya sangat prihatin. Di tengah upaya pemberantasan narkoba, ada oknum yang mengkhianati profesi penegak hukum. Faktanya, tidak mudah meringkus oknum itu. Harus ada komitmen dari semua unsur terkait untuk pemberantasan narkoba,” ujar anak pertama dari dua bersaudara ini.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*