Artikel Terbaru

Gerakan Umat Menghidupkan Seminari

Gerakan Umat Menghidupkan Seminari
3.5 (70%) 2 votes

Gerakan Konkret
Salah satu gerakan konkret dalam membantu pendidikan para calon imam adalah Gerakan Orang Tua Asuh Seminari (GOTAUS). GOTAUS dicetuskan pertama kali oleh Uskup Emeritus Ketapang Mgr Blasius Pujaraharja dan beberapa umat yang prihatin dengan pendidikan seminari di Indonesia. Gerakan ini rilis pada 10 Mei 2001 di bawah naungan Komisi Seminari KWI. Menurut Sekretaris Jenderal GOTAUS, Sjenny Handoyo, sampai saat ini GOTAUS hanya memprioritaskan diri pada seminari menengah yang ada di Indonesia.

Dengan mengemban visi gerakan kaum awam sebagai wujud partisipasi umat dalam mempersiapkan imam yang andal dan kontekstual, GOTAUS secara khusus mengedepankan pemenuhan gizi bagi para seminaris. “Para seminaris ini nantinya akan menjadi imam yang akan membimbing anak dan cucu kita. Kalau mereka tidak smart dan sehat, lantas bagaimana melayani umat?” ungkap Sjenny.

Lebih lanjut, Sjenny menjelaskan bahwa GOTAUS menggalang dana yang disalurkan ke seminari-seminari yang membutuhkan. Penggalangan dana dilakukan dengan mengajukan proposal kepada para donatur. Selain itu, kegiatan rutin yang selalu dibuat, yaitu mengadakan Misa sosialisasi tentang GOTAUS di Paroki-paroki dengan menggandeng para uskup Indonesia.

Dana yang terkumpul disalurkan dua kali dalam setahun, setiap awal semester. Pemilihan seminaris yang akan dibantu ditentukan oleh rektor seminari. “Jadi kami hanya menyalurkan dana saja, sesuai dengan permintaan rektornya. Karena yang tahu kondisi seminaris yang sekiranya butuh dibantu kan rektor seminarinya,” ujarnya.

GOTAUS juga berkembang di tingkat Keuskupan dan menjadi mitra GOTAUS KWI. Sjenny dan tim GOTAUS berterima kasih kepada Paroki dan donatur yang mau membantu pelayanan GOTAUS ini. Ia berharap, semakin banyak umat yang tergerak hatinya untuk memberikan perhatian terhadap para seminaris. Sebagai bentuk tanggung jawab, para seminaris juga diharapkan tetap semangat dalam menjalani panggilan sehingga mereka nantinya benar-benar bisa menjadi imam.

Melatih Seminaris
Selain GOTAUS, ada juga Paguyuban Gembala Utama (PGU). Komunitas yang beranggotakan para mantan seminaris ini berkomitmen mengabdikan pelayanan dalam bentuk memberikan pelatihan softskill kepada para seminaris. PGU terbentuk dari latar belakang keinginan para eks seminari untuk bisa melakukan “sesuatu” bagi almamaternya.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*