Artikel Terbaru

Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias: Wartakan Literasi Kasih

Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias: Wartakan Literasi Kasih
1 (20%) 1 vote

Lewat kopi darat ini, KPKDG lebih serius menatap masa depan. Para anggota sepakat untuk menjadi pewarta dan saksi iman Katolik, mencerdaskan, mencerahkan, dan menyelamatkan generasi penerus lewat literasi, serta menjadi wadah pembelajaran berkelanjutan yang kreatif, produktif, reflektif, serta penuh syukur.

Akhir Oktober tahun lalu, KPKDG kembali menggelar Writing Camp di Rumah Retret Pratista Lembang, Bandung. Pertemuan ini menghadirkan sastrawan Ayu Utami. Kepada penulis Katolik, Ayu Utami berpesan agar menjadikan Kitab Suci sebagai inspirasi dalam menulis. “Semasa kecil, saya selalu membaca Kitab Suci. Itu memberi pengaruh besar ketika menulis,” kata Ayu Utami. Sementara awal 2017 ini, Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias kembali mengadakan Pelatihan Menulis Cerpen Katolik di Wisma Lentera Kasih Kulonprogo, Yogyakarta, 11-12 Februari 2017.

Tengsoe tak menyangka, kalau KPKDG bisa aktif seperti sekarang. Pasalnya waktu itu, ketika anggota sudah mencapai 800 orang, yang aktif mengikuti program penulisan belum mencapai 10 persen. Tapi sekarang, kekhawatiran Tengsoe terjawab. Anggota di grup Facebook KPKDG kini berjumlah 1959 orang.

Tengsoe, yang sebelumnya menjadi dosen di University of Foreign Studies Korea Selatan mengatakan, penulis Katolik di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Karya-karya mereka berisi gagasan-gagasan di pelbagai bidang, seperti filsafat, budaya, politik, pendidikan, sastra, dan lainnya. Melalui karya-karya itu, mereka berkontribusi dan memperkaya khazanah literasi Indonesia.

Mengingat kekayaan Gereja ini, maka sangat diharapkan ada regenerasi penulis Katolik. Harus ada generasi baru penulis Katolik yang mau bersuara lewat tulisan. KPKDG bisa menjadi media bagi misi ini. Ia bisa menjadi rumah bagi orang-orang Katolik yang siap belajar, berkarya, dan berbagi di bidang literasi.

Adreas Anggit W./Stefanus P. Elu

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 11 Tanggal 12 Maret 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*