Artikel Terbaru

SMS, Kasut, dan Tanaman

SMS, Kasut, dan Tanaman
1 (20%) 1 vote

Teladan Kesederhanaan
Romo Damian Doraman OFMCap tak kaget dengan penunjukan Romo Samuel sebagai Uskup. “Ia pasti terpilih. Apalagi Kalimantan bermasalah dengan lingkungan hidup…, sekarang waktu yang tepat untuk Vatikan memilih Uskup yang punya kelebihan di lingkungan hidup, bahkan pernah menerima Kalpataru,” ujar anggota Dewan Penasihat Provinsi Kapusin Pontianak ini.

Romo Damian mengantikan Romo Samuel sebagai Kepala Paroki Tebet. Ia mengenal Mgr Samuel sebagai teladan kesederhanaan. Sewaktu terbang ke Sintang, Mgr Samuel hanya membawa satu sandal dan satu sepatu. “Yang membelikan umat, pada menit-menit terakhir di Jakarta.”

Tak hanya dua kasut itu, Mgr Samuel juga tak ada uang ke sana. Tapi, Mgr
Samuel hanya diam. Mgr Samuel, menurut Romo Damian, dari dulu selalu tak ingin merepotkan orang lain. Tujuh tahun bersama Mgr Samuel di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara dan Pontianak, Kalimantan Barat Romo Damian cukup mengenal saudaranya itu. Ia meminta anggota dewan paroki memberikan uang transport untuk Mgr Samuel.

Dua mobil mengantar Mgr Samuel ke Sintang. Menurut Romo Damian, begitu
umat ingin membawa barang-barangnya dari dalam mobil, mereka terkejut, lantaran Mgr Samuel lebih banyak membawa tanaman ketimbang barang pribadinya. “Di mana beliau hadir, selalu bercocok tanam,” puji Romo Damian.

Yanuari Marwanto/Karina Chrisyantia

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 12 Tanggal 19 Maret 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*