Artikel Terbaru

Kongregasi Suster St Yusuf (KSSY): Mandiri Melayani Citra Allah

Kongregasi Suster St Yusuf (KSSY): Mandiri Melayani Citra Allah
3 (60%) 2 votes

Karya KSSY
Sr Yosephine mengatakan, spiritualitas KSSY Medan bersumber pada Injil, ajaran dan semangat Yesus, serta teladan St Yosef. Semangat para perintis dan pendiri di Belanda juga tak luput dari jejak yang terus mereka jadikan motivasi dalam pelayanan. Para Suster KSSY yakin bahwa manusia adalah gambar dan rupa Allah, Imago Dei, yang diciptakan menurut citra Allah dan dikenakan kekuatan yang serupa dengan Allah, yang bernilai sama dan dipanggil untuk mengembangkan ciptaan itu sesuai dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada dalam dirinya. “Kami ingin mengembalikan citra tersebut dengan memberdayakan dan berpihak kepada mereka, terutama yang lemah, miskin, dan tidak berdaya sebagai citra Allah,” imbuh Sr Yosephine.

Setelah jatuh bangun melayari dua dasawarsa menjadi otonom, KSSY Medan berhasil membuka beberapa pusat pelayanan di bidang pendidikan dan sosial, seperti sekolah umum (TK, SMP, SMA), Sekolah Luar Biasa, asrama, poliklinik, rumah rehabilitasi narkoba, dan panti jompo. Dalam usaha merintis karya pelayanan tersebut, kata Sr Yosephine, tidak selalu berjalan mulus. Ada banyak rintangan yang mewarnai ziarah pelayanan itu. Apalagi, pada zaman sekarang, rupa-rupa pelayanan pastoral pun harus diinovasi agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Itu baru urusan eksternal, belum termasuk tantangan dalam tubuh internal KSSY, semisal ketersediaan tenaga untuk mengisi pos-pos pelayanan itu.

Maka, pada ulang tahun KSSY kali ini, Sr Yosephine bersama para anggotanya yang berjumlah sekitar 260 orang, mohon rahmat Tuhan agar panggilan sebagai Suster KSSY tetap kokoh, sehingga tetap bergairah dalam melayani. “Spiritualitas KSSY diwujudnyatakan, terutama dalam karya yang dibutuhkan orang, seperti anak berkebutuhan khusus. Semoga kami bisa mengangkat martabat dan melayani dengan baik, sehingga mereka bisa tampil sebagai citra Allah,” ujar Sr Yosephine. Saat ini KSSY berkarya dan melayani di delapan Keuskupan di Indonesia dengan berbagai jenis karya pelayanan, yaitu Keuskupan Agung Medan, Keuskupan Padang, Keuskupan Ruteng, Keuskupan Surabaya, Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Palangkaraya, Keuskupan Agung Merauke, dan Keuskupan Tanjung Selor.

Marchella A. Vieba/Christophorus Marimin

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 14 Tanggal 2 April 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*