Artikel Terbaru

Wajah Tuhan di Lingkungan Hijau

Wajah Tuhan di Lingkungan Hijau
4 (80%) 1 vote

Paroki Hijau
Konsep go green parish (Paroki Hijau) bermula dari refleksi Mgr Paskalis mengenai kehidupan menggereja. Menurutnya, kehidupan menggereja mempunyai dimensi sosial-kemasyarakatan dan dimensi ekologis. Umat dalam konsep ini diharapkan mewujudkan imannya pada kegiatan bersama masyarakat yang berorientasi pada kepedulian lingkungan.

Refleksi ini kemudian disuarakan dalam Surat Gembala. Mgr Paskalis mengajak segenap umat, biara, sekolah-sekolah Katolik dan lembaga gereja di keuskupan Bogor untuk peduli menjaga pada lingkungan hidup. Menurut Romo Endro, seusai Surat Gembala tersebut diedarkan, Paroki BMV kemudian bergerak menanam pohon dalam pot yang diletakkan di halaman gereja. Kini, lingkungan gereja Katedral menjadi lebih asri dan hijau.

Gerakan ini menyebar ke tempat lain. Di gereja Bojong Gede umat katolik mengadakan gerakan menanam pohon di sekitar gereja dan kompleks Perumahan Pura, Bojong Gede. Salah satu umat wilayah Bojong Gede, Fransiskus Asisi Andi TH Soedijono mengaku, gerakan ini merupakan jawaban seruan Mgr Paskalis.

Bekerjasama dengan komisi Mitra Perempuan Keuskupan Bogor umat Bojong Gede berusaha melaksanakan penghijauan di wilayah mereka. Dalam prosesnya, mereka bekerja sama dengan masyarakat. Hampir seribu bibit pohon sudah ditanam.

Sedikit ke bagian barat kota Bogor gerakan peduli lingkungan juga ada di Paroki St Joannes Baptista Parung. Tak mau kalah gerakan serupa juga dilaku kan di Paroki St Yakobus Rasul Megamendung, dan Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Kota Wisata, Cibubur. Sampai saat ini paroki lain di Keuskupan Bogor juga telah memulai gerakan ini.

Gerakan paroki hijau ini tidak hanya bergerak di sekitar gedung Gereja. Lembaga pendidikan Katolik, biara-biara dan komunitas Katolik juga ikut mendukung. Salah satu penggeraknya adalah Yusefin Lely Kusumaningsih. Ketua Mitra Perempuan Keuskupan Bogor ini giat melaksanakan program Go Green School. Lomba sekolah bersih dan sehat tingkat TK hingga SMA diadakan, perlombaan dalam bentuk penanaman pohon, fotografi bertema lingkungan, dll.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*